Ebook: Islam dan Liberalisme - Budhy Munawar Rachman

gambar produk 1
Promosi
Rekomendasi
FREE EBOOK
SINOPSIS: Buku Islam dan Liberalisme ini menggambarkan perkembangan paling mutakhir pemikiran Islam global, maupun pemikiran Islam di Indonesia. Sebagai sebuah cara berdiskursus, liberalisme bukanlah hal yang asing dalam sejarah pemikiran Islam. Sudah sejak masa klasik para pemikir Muslim menghasilkan pemikiran-pemikiran yang sangat liberal dan terbuka pada perkembangan zamannya. Baik itu pemikiran yang diambil dari tradisi filsafat Yunani, sains Persia, maupun mistisisme India. Sehingga kalau dewasa ini para pemikir Muslim sekali lagi mengembangkan tradisi liberalnya yang diinspirasikan dari perkembangan pemikiran modern, fenomena ini bukanlah hal yang asing. Karena Islam dan liberalisme bukanlah suatu kontradiksi dalam termanya. Islam sangat terbuka untuk bisa menghidupkan substansinya melalui cara pandang modern.

Buku ini menggambarkan isu-isu mutakhir yang paling banyak dibicarakan. Yaitu bagaimana Islam meresponi secara positif ide-ide baru seperti demokrasi, hak asasi manusia dan paham-paham kebebasan, seperti kebebasan beragama, maupun kebebasan berekspresi. Buku ini juga menggambarkan debat mutakhir mengenai Islam dan negara, khususnya menyangkut perlu-nya diterima paham negara sekular daripada negara Islam. Digambarkan juga perkembangan ide-ide berkaitan dengan gender, dan pluralisme. Dalam buku ini juga dielaborasi bagaimana para pemikir Islam liberal mengembangkan metode berpikirnya, termasuk usaha-usaha untuk membangun teologi agama-agama, yang sangat penting sebagai fondasi penerimaan sepenuhnya atas pluralisme, demokrasi dan hak asasi manusia."
  • Judul: Islam dan Liberlisme
  • No. ISBN: -
  • Penulis: Budi Munawar Rachman
  • Tahun terbit: -
  • Jumlah Halaman: 200+
  • Kategori: Ilmiah, Keagamaan
  • Text Bahasa: Indonesia

"Islam telah mengarungi zaman, beratus-ratus tahun. Telah cukup matang pula usianya di negara Indonesia ini. Apakah kita cukup siap dengan zaman yang cepat berubah, dengan aneka perkembangan dan inspirasi yang tak hentinya bermunculan?"

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel