Ebook: Kekasihku - Joko Pinurbo

Rekomendasi
FREE EBOOK
Buku Kekasihku adalah Kumpulan Puisi karya sastrawan hebat, Joko Pinurbo. Jokpin sapaan akrabnya merupakan pujangga terkenal asal Yogyakarta. Karya-karyanya menggelitik, penuh kritik dan nyentrik. Beberapa bukunya sudah admin post di sini, seperti: Buku Latihan Tidur, Celana, Baju Bulan, dan Selamat Menunaikan Ibadah Puisi.

Joko Pinurbo lahir 11 Mei 1962. Tahun 1987 ia menyelesaikan studi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP (sekarang Universitas) Sanata Dharma, Yogyakarta. Kemudian mengajar di almamaternya sambil membantu majalah kebudayaan Basis. Pada 1992 bergabung dengan Kelompok Kompas Gramedia. Selain menulis dan menyunting naskah, mengajar dan berceramah, ia ikut mengelola majalah Matabaca dan jurnal puisi. Ia gemar mengarang sejak di SMA. Buku kumpulan puisinya yang telah terbit: Celana (1999), Di Bawah Kibaran Sarung (2001), Pacar Kecilku (2002), Trouser Doll (2002), dan Telpon Genggam (2003). Joko sering diundang baca puisi diberbagai tempat, termasuk di beberapa forum sastra antar-bangsa. Puisi-puisinya telah diterjemahkan ke beberapa bahasa asing. Menerima Penghargaan Buku Puisi Pusat Kesenian Jakarta 2000; Hadiah Sastra Lontar 2001, Sih Award 2001; Penghargaan Sastra Pusat Bahasa 2002 dan masuk nominasi Khatulistiwa Literary Award 2001, 2002, 2003.

Deskripsi: Hal yang paling menakjubkan dari karya sastra-khususnya puisi-dan kosmologi, keduanya merupakan pengembaraan hening. Suatu perjalanan menuju jantung kelengangan, mencapai bilik dan ruang yang belum bernama karena kata tak pernah cukup untuk menjamahnya ... Joko Pinurbo adalah seorang penyair yang produktif, terbukti setelah lima buku kumpulan puisinya diterbitkan : Celana (1999), Di Bawah Kibaran Sarung (2001), Pacarkecilku (2002), Trouser Doll (2002), dan Telepon Genggam (2003) kali ini kumpulan puisinya kembali diterbitkan.
  • Judul Buku: Kekasihku (Kumpulan Puisi)
  • Penulis: Joko Pinurbo
  • Penerbit: Gramedia
  • Tebal Halaman: 79 halaman.
  • Tahun Terbit: -

BUNGA AZALEA

Bunga Azalea
Tumbuh liar di bawah jedela.
Mekar, segar, dan berbahaya.

Bunga paling pacar,
paling disayang waktu.
Bunga yang kubawa
dari lembah Maria.

Bunga azalea
tumbuh liar di rimbun aksara.
Mekar, segar, dan bersahaja.

(Jokpin, 2004)

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel