Ebook: Gadis Pantai - Pramoedya Ananta Toer

Populer
Rekomendasi
FREE EBOOK
Deskripsi: Gadis Pantai lahir dan tumbuh di sebuah kampung nelayan di Jawa Tengah, Kabupaten Rembang. Seorang gdis manis. Cukup manis untuk memikat hati seorang pembesar santri setempat, seorang Jawa yang bekerja pada Belanda. Dia diambil menjdi gundik pembesar tersebut dan menjdi Mas Ngaten: perempuan yang melayani `` kebutuhan" seks pembesar sampai kemudian pembesar memutuskan untuk menikah dengan perempuan yang sekelas atau sederajat dengannya.

Mulanya, perkawinan itu memberi prestise baginya di kampung halamannya karena dipandang telah dinaikan derajatnya, menjadi Bendoro Putrii. Tapi iti tidak berlangsung lama. Ia terperosok kembali di tanah. Orang jawa yang telah memilikinya tega membuangnya setelah dia melahirkan seorang bayi perempuan.
  • Judul: Gadis Pantai
  • Penulis: Pramoedya Ananta Toer
  • Tanggal Terbit: 2011
  • Berat Buku: 250 gr
  • Kategori: Sejarah Fiksi
  • Text Bahasa: Indonesia

“Kau mengabdi pada tanah ini, tanah yang memberimu nasi dan air. Tapi para raja dan para pengeran dan para bupati sudah jual tanah keramat ini pada Belanda. Kau hanya baru sampai melawan para raja, para pangeran, dan para bupati. Satu turunan tidak bakal selesai. Kalau para raja, pangeran, dan bupati sudah dikalahkan, baru kau bisa berhadapan pada Belanda. Entah berapa turunan lagi. Tapi kerja itu mesti dimulai.”


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel